kerajinan tangan plastik bekas

Kerajinan Tangan dari Plastik Bekas

Saat ini, plastik menjadi salah satu limbah terbanyak yang dihasilkan rumah tangga. Hal ini tentu sangat merugikan bagi lingkungan. Seperti menambah lingkungan kumuh karena banyaknya tempat pembuangan sampah, menyebabkan banjir karena penyumbatan sungai dan masih banyak lainnya.

Melihat hal ini, tentu sangat disayangkan jika plastik-plastik bekas ini dibuang begitu saja dan menimbulkan berbagai dampak buruk tersebut. oleh karena itu anda bisa mengolahnya menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual dan estetika.

Penasaran apa saja contoh kreasi kerajinan plastik dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak selengkapnya di ulasan berikut.

  1. Lemek Vas

Jika umumnya anda menggunakan kain untuk celemek vas bunga, kali ini anda bisa membuatnya sendiri menggunakan plastik bekas. Ya, cara pembuatannya pun sangat mudah.

Pertama-tama kumpulkan plastik bekas yang sudah dibersihkan dan potong dengan bentuk persegi panjang. Selanjutnya satukan setiap plastik hingga menjadi bagian panjang.

Jika sudah, kemudian anyam plastik menjadi persegi. Atau jika anda sudah cukup mahir dalam menganyam, anda juga bisa membuat lemek dengan bentuk bulat.

  1. Tas belanja

Umumnya mungkin anda akan menggunakan plastik biasa untuk tas belanja, namun apa jadinya jika plastik atau kantung kresek tersebut sudah rusak? Tentu tak dapat digunakan lagi bukan?

Namun kali ini anda bisa menggunakan tas plastik yang jauh lebih kuat. Cara pembuatannya pun sama dengan cara pembuatan lemek vas. Untuk jenis plastik yang digunakan adalah jenis plastik kaku yang biasanya digunakan untuk tempat snack atau kopi.

Untuk membuat tampilan tas cantik, pastikan plastik bekas yang digunakan memiliki warna yang saling berkesinambungan, atau jika merupakan bungkus snack maka gunakan bungkus snack yang sama.

  1. Tempat tisu

Tak kalah mudahnya dengan kerajinan plastik lainnya, proses pembuatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat tisu juga sangat sederhana. Pertama anda membutuhkan kardus bekas untuk rangka tempat tisu.

Buat kardus menjadi bentuk persegi panjang dan memiliki lubang oval pada bagian atasnya. Setelah itu bingkai kardus menggunakan plastik bekas satu warna. Nah agar tempat tisu nampak lebih cantik, pasangkan beberapa buah bunga atau hiasan dari plastik.

Cara pembuatan bunga plastik ini pun cukup mudah, anda hanya perlu melilit plastik panjang (tekstur plastik harus kaku. Kemudian bentuk melingkar menyerupai lilitan kaki seribu. Untuk bagian tengahnya, tambahkan manik ukuran besar, bunga plastik pun siang dipasang (dilem) pada tempat tisu.

  1. Tirai pintu

Untuk beberapa ruangan yang ada di rumah anda mungkin akan membutuhkan tirai sebagai penutupnya. Hanya saja, jika menggunakan tirai kain nampaknya akan terlalu gelap, oleh karena itu anda bisa memilih tirai urai yang bisa memberikan sirkulasi cahaya dan udara lebih banyak.

Nah untuk membuat tirai urai inipun anda bisa menggunakan bahan plastik bekas. Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama anda perlu membuat minimal 100 buah bunga plastik untuk 5 helai tirai urai.

Langkah pembuatannya sendiri yaitu dengan memotong plastik bekas yang memiliki warna kombinasi. Setelah itu buat menjadi semacam lilitan tambang. Setelah itu buat lingkaran-lingkaran mini dari lilitan plastik tersebut (diameter 1 cm). Jika sudah gabungkan 6 buah lingkaran mini menjadi satu buah bunga. Nah agar bunga menyatu dengan sempurna anda bisa menggunakan tatakan kertas dan lem kayu.

Jika bunga-bunga kecil ini sudah jadi, kemudian pasangkan pada benang wol yang sudah dibentuk menyerupai tambang pula. Setiap hela tambang wol dapat dipasangkan 20 bunga plastik.

Terakhir pasangkan tirai helai ini pada sebatang rotan yang nantinya akan dipasangkan langsung ke rangka pintu.

Selamat berkreasi.

Leave a Comment